Menuntun Bisnis Beretika

Dimuat di koran Bisnis Indonesia, 25 November 2012

Judul buku      : Islamic Business and Economic Ethics: Mengacu pada Al-Qur’an dan Mengikuti Jejak Rasulullah SAW dalam Bisnis, Keuangan, dan Ekonomi
Penulis              : Veithzal Rivai, Amiur Nuruddin dan Faisar Ananda Arfa
Penerbit           : PT. Bumi Aksara
Cetakan           : Pertama, Oktober 2012
Tebal                : xxi + 555 halaman
Harga              : Rp 105.000

Bisnis tanpa etika sudah menuai kritik tajam. Paradigma mencari untung sebesar-besarnya dengan menghalalkan segala cara adalah praktek bisnis tak beretika. Yang paling mengerikan adalah bisnis yang mengancam kehidupan manusia.

Alih-alih menguntungkan, praktek bisnis tak beretika justru menimbulkan dampak negatif yang besar. Tak hanya berdampak buruk bagi orang lain, tetapi juga pada perusahaan itu sendiri. Kita sudah tahu kisah beberapa korporasi besar dunia yang tumbang karena tak mengindahkan etika.

Kaleidoskop Industri Asuransi

Dimuat di koran Bisnis Indonesia, edisi Minggu, 26 Agustus 2012

Judul buku      : Politik Asuransi Indonesia: Liku-liku kebijakan industri asuransi nasional.
Penulis             : Irvan Rahardjo
Editor              : Djony Edward
Penerbit           : Gagas Bisnis Indonesia
Cetakan           : I, Juni 2012
Tebal               : x + 276 hal
 

Mengkritisi Arah Kebijakan Asuransi Nasional

(Judul & naskah asli)

 

Bila ingin tahu isu-isu penting, problematika dan usulan solusi di industri asuransi nasional, buku ini memberi jawabnya. Kritis dan tawaran konkret adalah ciri dari setiap topik tulisan.

Membaca bagian awal buku, pembaca akan disodori isu-isu paling gres di industri asuransi nasional. Seperti kita tahu, di tahun 2011 dan 2012, ada dua momentum sangat penting yakni terkait Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sebagai penyelenggara Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

 

Awas, Islam Dirusak dari Dalam

Judul Buku: Liberalisasi Islam di Indonesia (Fakta & Data)
Penulis: Adian Husaini
Penerbit : Dewan Dakwah Islamiyah  Indonesia, Mei 2006
Dimuat di Indo Pos & Jawa Pos,27 Agustus 2006.

Perdebatan aliran teologi Qodariyah, Jabariyah, atau Mu’tazilah dalam Islam sudah tidak menarik lagi. Perbedaan yang tidak pernah ada titik temunya itu dianggap usang dalam khasanah intelektual Islam. Dalam beberapa tahun terakhir, liberalisasi Islam telah menyeruak menjadi tema perdebatan yang sangat sengit di jagat intelektual Islam di Indonesia.

Berpikir Optimistis & Realistis ala Pria Metroseksual

Resensi Buku: The Metrosexual Guide To Style
Penulis: Michael Flocker
Penerbit : B-first
 
Di masa 10 tahun lalu banyak orang yang menganggap aneh kalau ada pria pergi ke salon untuk perawatan wajah dan memanjakan tubuh. Demikian pula jika ada pria berdandan dinilai tidak wajar.

Kini, hampir tak ada batas lagi antara pria ‘sejati’ dan gay. Bahkan ada pria yang tidak kalah dibandingkan wanita dalam hal perawatan tubuh dan ikut tren mode. Inilah yang dijuluki pria metroseksual. Pria seperti ini mendekonstruksi tatanan pemahaman umum bahwa yang punya hak merawat tubuh dan mengikuti perubahan mode hanya wanita.